Kamis, 05 Desember 2013

MATERI BAHASA INGGRIS UAS 
1. NARATIVE TEXT
                                                         The Fisherman and the Bear

                                                     The Fisherman and the Bear story
                                                           retold by S.E. Schlosser
          One fine day an old Maine man was fishing and fishing on his favorite lake and catching nary a thing. Finally, he gave up and walked back along the shore to his fishing shack. When he got close to the front door, he saw it was open. Being of a suspicious nature, he walked to the door quietly and looked inside. There was a big black bear. It was just pulling the cork out
           of his molasses jug with its teeth. The molasses spilled all over the floor and the bear rubbed his paw in it, smearing it all over.
          Well, the old man was not the timid sort. He went to the back of the shack, put his head in the window and gave a loud yell. The bear jumped and ran out the door. It was running strangely. The old man saw that the bear was holding up the foot covered with molasses so it wouldn't get dirty.

           The bear ran to the lake shore. Standing on its hind legs, it held up the paw full of molasses. Soon all the flies and bugs and mosquitoes were swarming all over the sticky sweet paw. Then the bear waded into the water with his sticky paw full of bugs. It held the paw out over the water. Suddenly, a big trout came jumping out of the water trying to get to the flies. The bear gave it a swat and it flew to the shore and flopped there. Then another fish jumped into the air after the flies, followed swiftly by another. Every time a fish jumped after his paw, the bear cuffed it ashore. Soon it had a large pile.
           Finally, the bear decided he had enough fish and waded to shore. The bear had caught a mess of fish any fisherman would envy. The old man had caught nothing. He watched that bear eat half a dozen trout, his stomach rumbling. All he had for dinner was some bread and what was left of the molasses. Finally the bear paused in his eating, and looked over to the bushes where the old man was hidden. The bear stood up and laid the remaining fish in a row. Then it walked away up the shore. It kept looking back at the bushes where the old man stood.
           The old man crept out of the bushes and down to the shore. Sure enough, the bear had left six large trout for him. He looked over at the bear. It was standing at the edge of the wood watching. "Thanks a lot," the old man called to the bear. The bear waved the now-clean paw at the old man and disappeared into the thicket. "Well," said the old man, "That's the first time a bear has ever paid me for my molasses."
            The old man never hunted bears again.
TERJEMAHAN
                                                      Nelayan dan Beruang                                                         
                                                Cerita Nelayan dan Beruang                                                       

                                         diceritakan kembali oleh S.E. Schlosser       
          Suatu hari seorang pria Maine tua sedang memancing dan memancing di danau favoritnya dan menangkap nary hal . Akhirnya , dia menyerah dan berjalan kembali sepanjang pantai untuk memancing gubuknya . Ketika ia sampai dekat dengan pintu depan , ia melihat itu terbuka . Menjadi yang mencurigakan , ia berjalan ke pintu diam-diam dan melihat ke dalam . Ada beruang hitam besar . Itu hanya menarik gabus keluar 
         molase kendi dengan giginya . Molase tumpah seluruh lantai dan beruang menggosok kaki depannya di dalamnya , bedak ke seluruh .
           Nah , orang tua itu bukan tipe pemalu . Ia pergi ke bagian belakang gubuk , menaruh kepalanya di jendela dan memberikan teriakan keras . Beruang itu melompat dan berlari keluar pintu . Itu berjalan aneh . Orang tua itu melihat bahwa beruang itu mengangkat kaki ditutupi dengan molase sehingga tidak akan kotor .

           Beruang itu berlari ke tepi danau . Berdiri dengan kaki belakangnya , ia mengangkat kaki penuh molase . Segera semua lalat dan bug dan nyamuk berkerumun di seluruh kaki manis lengket . Kemudian beruang mengarungi ke dalam air dengan kaki lengket penuh bug . Ini memegang kaki keluar atas air . Tiba-tiba , ikan trout besar datang melompat keluar dari air mencoba untuk mendapatkan ke lalat . Beruang itu memberikannya memukul dan itu terbang ke pantai dan menjatuhkan diri di sana. Kemudian ikan lain melompat ke udara setelah lalat , diikuti dengan cepat oleh yang lain . Setiap kali seekor ikan melonjak setelah cakarnya , beruang diborgol itu ke darat . Segera itu tumpukan besar . 
           Akhirnya , beruang memutuskan ia memiliki cukup ikan dan mengarungi ke pantai . Beruang itu telah menangkap berantakan ikan nelayan pun akan iri . Orang tua telah menangkap apa-apa. Dia mengamati bahwa beruang makan setengah lusin trout , perutnya keroncongan . Yang ia miliki untuk makan malam beberapa roti dan apa yang tersisa dari molase . Akhirnya beruang berhenti di makan , dan melihat ke semak-semak di mana orang tua itu tersembunyi . Beruang itu berdiri dan meletakkan ikan yang tersisa berturut-turut . Kemudian berjalan pergi sampai pantai . Itu terus melihat ke belakang di semak-semak di mana orang tua berdiri . 
          Orang tua merayap keluar dari semak-semak dan turun ke pantai . Benar saja , beruang telah meninggalkan enam besar trout untuknya . Dia menatap beruang . Itu berdiri di pinggir menonton kayu . " Terima kasih banyak , " orang tua dipanggil untuk beruang . Beruang itu melambaikan kaki sekarang - bersih pada pria tua dan menghilang ke semak-semak . " Yah , " kata orang tua itu , " Itulah pertama kalinya beruang pernah membayar saya untuk molase saya. " 
         Orang tua tidak pernah diburu beruang lagi .

2. ANNOUNCEMENT

PENGERTIAN ANNOUNCEMENT

     Pengumuman (announcement) termasuk teks fungsional pendek (short functional text). Teks ini berfungsi menyampaikan informasi tertentu kepada khalayak. Announcement Text ialah sebuah penberitahuan tertulis yang ditujukan kepada masyarakat umum/kelompok tertentu yang berisikan informasi atau berita pemberitahuan. Announcement Text ini biasanya ditulis dalam bentuk card atau news dan bertujuan untuk memberikan pemberitahuan formal mengenai event-event tertentu.
      Berikut ini adalah Contoh Announcement Text: 


CONTOH 2 ANNOUNCEMENT TEXT 
UNDANGAN REUNI
          SMAN Englishindo will be having a Grand Alumni Homecoming on December 7, 2012 at 2:00 pm at Gajah Mungkur Hotel and Restaurant as the celebration of 10th Foundation Anniversary of SMAN Englishindo

        On this regard, we are cordially inviting you to attend the said affair to meet your old friends, classmates, acquaintances and teachers, reminiscing memorable experiences and sharing stories of success and most specially to renew our commitment to the noble ideals of our beloved Alma Mater.

         The registration charges are Rp. 250.000,- per person payable at the venue. These charges include Alumni T-shirt, Alumni ID, Alumni souvenir, dinner, live band and raffle draws.

For further inquiries, please contact our Alumni Secretariat at (021) 237-2383 or text us at 08173445631.

              We look forward to your presence in this once a year celebration.
TERJEMAHAN
CONTOH 2 ANNOUNCEMENT TEXT
UNDANGAN REUNI
        SMAN Englishindo akan memiliki Grand Alumni Homecoming pada 7 Desember 2012 pukul 2:00 pm di Gajah Mungkur Hotel dan Restoran sebagai perayaan Yayasan 10th Anniversary of SMAN Englishindo
        Pada hal ini, kami dengan hormat mengundang Anda untuk menghadiri urusan dikatakan bertemu teman-teman lama Anda, teman sekelas, kenalan dan guru, mengenang pengalaman tak terlupakan dan berbagi cerita sukses dan paling khusus untuk memperbarui komitmen kami kepada cita-cita luhur kita tercinta Alma Mater .
        Biaya pendaftaran adalah Rp. 250.000, - per orang dibayarkan di tempat tersebut. Biaya ini meliputi Alumni T-shirt, ID Alumni, Alumni souvenir, makan malam, live band dan undian menarik.
        Untuk keterangan lebih lanjut, silahkan hubungi Sekretariat Alumni kami di (021) 237-2383 atau teks kami di 08173445631.
        Kami berharap untuk kehadiran Anda di perayaan sekali setahun ini.
to all third grade students

       all library books have be returned on the twenty-second of may,2013.they should be covered with non - colourfull wrapping plastic. lost books must be replaced with the ones of similar subjects. fine will be charged to the late return of the books. students who have handed on all books will get receipt that have to be submitted to the administration officers.

                                                                         library staff
TERJEMAHAN
kepada semua siswa kelas tiga
        semua buku perpustakaan telah dikembalikan pada tanggal dua puluh kedua Mei, 2013.they harus ditutup dengan non - colourfull pembungkus plastik. buku yang hilang harus diganti dengan yang mata pelajaran yang sama. baik akan dibebankan pada keterlambatan pengembalian buku. siswa yang telah menyerahkan semua buku akan mendapatkan tanda terima yang harus diserahkan kepada petugas administrasi.
                                                                     staf perpustakaan


1 komentar: